Monday, May 21, 2012

ANALISIS PERBEDAAN PERSEPSI DAN HARAPAN PASIEN TERHADAP KUALITAS PELAYANAN UPT PUSKESMAS


ANALISIS PERBEDAAN PERSEPSI DAN HARAPAN PASIEN TERHADAP KUALITAS PELAYANAN UPT PUSKESMAS KERATO KECAMATAN UNTER IWES TAHUN 2009
Rangga Pragasta SS*,  Dini Sri Damayanti**, Farida Rusnianah**.
*Mahasiswa Program Studi Pendidikan Dokter
** Staf Pengajar Program Studi Pendidikan Dokter Universitas Islam Malang

Pendahuluan : Meningkatkan kualitas kesehatan melalui pelayanan Puskesmas merupakan salah satu fokus pembangunan pemerintah kabupaten Sumbawa. Namun adanya ketidakstabilan dan penurunan persentase target pencapaian pada beberapa pelayanan UPT Puskesmas Kerato kecamatan Unter Iwes memberikan indikasi bahwa  sudah saatnya pihak puskemas melakukan quality check  pada aspek-aspek pelayanan yang telah diberikan. Karena itu Puskesmas perlu mengetahui sampai sejauh mana tingkat kepuasan pasien dan kebutuhan pasien yang perlu dipenuhi melalui persepsi dan harapan pasien terhadap pelayanan Puskesmas.
Metode Penelitian : Penelitian ini bersifat survey obsevasional dengan menggunakan responden sejumlah 100 orang pasien puskesmas yang di ambil dengan menggunakan metode Simple Random Sampling. Data dikumpulkan dengan menggunakan kuisioner kemudian dianalisis dengan mengggunakan  IPK (indeks kepuasan pelanggan) untuk mengetahui tingkat kepuasan konsumen, analisis deskriptif untuk menjelaskan distribusi hasil penelitian dan uji t 2 variabel independen untuk mengetahui signifikansi perbedaan antara persepsi dan harapan pasien.
Hasil : Kualitas pelayanan yang diberikan oleh Puskesmas tergolong baik dan tingkat kepuasan pasien  berada dalam kategori tidak puas. Berdasarkan analisis data uji t 2 variabel independen  (p < 0.05), terdapat perbedaan yang signifikan antara persepsi dan harapan pasien terhadap pelayanan yang diberikan oleh puskesmas.
Kesimpulan : Kualitas pelayanan yang diberikan puskesmas berdasarkan grand mean dari persepsi pasien puskesmas tergolong baik. Terdapat perbedaan yang signifikan antara kualitas pelayanan yang dipersepsikan dengan kualitas pelayanan yang diharapkan pasien Puskesmas. Tingkat kepuasan pasien terhadap pelayanan puskesmas dari keseluruhan dimensi pelayanan menunjukkan bahwa pasien tergolong tidak puas.
Kata kunci : Kualitas pelayanan, persepsi, harapan, kepuasan, 

kalo ada yg pengen versi abstrak jurnal kontak via email aje... kali aja bisa bermanfaat...(^_^)

No comments: